Kurikulum

Program Studi Magister Teknik Industri (PSMTI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah menyelenggarakan program pascasarjana S2 sejak Tahun 2013. Jumlah lulusan yang dihasilkan sampai awal tahun 2016 telah mencapai 3 orang, dimana 1 orang dapat menyelesaikan tepat waktu selama 4 (empat) semester. Untuk menghasilkan luluan yang dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja (industri), menuntut Program Studi (Prodi) Teknik Industri Unsyiah untuk meningkatkan kualitas lulusan melalui perbaikan proses pembelajaran dan penyesuaian kurikulum sesuai tuntutan dunia kerja/industri yang akan menjadi pengguna lulusan (stake holders).

Pengembangan Kurikulum secara nasional telah dijalankan yaitu mulai dengan Kurikulum Berbasis IPTEKS (KBI 1994), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK 2004) dan Kurikulum Pendidikan Tinggi (2012). Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) adalah kurikulum berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI. KPT juga sudah harus merujuk kepada cakupan capaian pembelajaran yang ditunjukkan oleh seorang lulusan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 mengamanatkan penerapan KKNI dalam lingkup pendidikan tinggi.

Pada tahun 2016 ini, sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Unsyiah Nomor 503 Tahun 2016 tentang buku panduan penyusunan kurikulum Uiniversitas Syiah Kuala tahun 2016-2020 yang merujuk pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan KKNI, maka Prodi Magister Teknik Industri Unsyiah telah mencanangkan untuk melakukan penyesuaian kurikulum sedemikian rupa sehingga materi maupun proses pembelajaran secara keseluruhan mengarahkan mahasiswa pada capaian pembelajaran (Learning Outcome) sesuai dengan unsur-unsur yang ditentukan oleh SN-DIKTI dan KKNI.

Download Kurikulum Program Study Magister Teknik Industri, Universitas Syiah Kuala