Laboratorium, Perpustakaan & IT

Laboratorium
Untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas, Prodi Magister Teknik Industri Unsyiah telah mendirikan lima laboratorium :

  1. Laboratorium Sistem Produksi
  2. Laboratorium Perancangan Sistim Kerja dan Ergonomi
  3. Laboratorium Perancangan dan Pengembangan Produk
  4. Laboratorium Komputasi dan Keputusan
  5. Laboratorium Perancangan Sistem dan Manajemen Industri (PSMI)

Adapun fungsi dan tujuan laboratorium tersebut:

  1. Membantu dan mendukung PSMTI sebagai pusat penelitian dalam area sistem manufaktur dan pelayanan teknis penunjangnya.
  2. Membantu dan mendukung praktikum mahasiswa dan mendukung perancangan, pembuatan dan pengujian produk rancangan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah, tesis, ataupun penelitian dalam lingkup PSMTI.
  3. Memfasilitasi proses pembelajaran untuk mitra internal dan eksternal melalui pelatihan, konsultasi, dan magang.
  4. Berperan aktif dalam pengembangan dan kerjasama dengan industri lokal dan nasional.
  5. Memberikan pengalaman laboratorium bagi mahasiswa, menyediakan pendidikan, pendampingan, konsultasi, pelatihan dan transfer teknologi bagi organisasi eksternal.

Perpustakaan
Perpustakaan merupakan fasilitas akademik untuk menunjang proses pembelajaran mandiri di luar kelas. Setiap mahasiswa dianjurkan melengkapi bahan studinya dengan membaca buku referensi yang tersedia di perpustakaan, baik atas usahanya sendiri maupun atas anjuran dosen pengasuh Mata Kuliah. Koleksi perpustakaan mencakup buku teks, buku pendukung, handbook, jurnal ilmiah, majalah populer, laporan penelitian, dan Tesis. Koleksi perpustakaan berkaitan dengan bidang ilmu PSMTI dapat ditemukan di Perpustakan Universitas Syiah Kuala, Perpustakaan Fakultas Teknik, Perpustakaan Program Studi Teknik Industri FT-Unsyiah, dan koleksi buku yang dimiliki staf pengajar yang dapat diakses.

Dengan didukung oleh sistem informasi ”digital library online information system”, maka mahasiswa/pengunjung dapat secara langsung mencari dan mengunduh: koleksi buku, koleksi majalah, koleksi Jurnal dan artikel eletronik terbitan (ScienceDirect; ProQuest; SpringerLink: PQDT OPEN; dan E-Resources), koleksi electronic book (E-Book), koleksi Tesis serta karya-karya lain yang dihasilkan segenap civitas akademika Universitas Syiah Kuala.

Teknologi Informasi
Hingga saat ini Universitas Syiah Kuala telah mengembangkan beberapa fasilitas teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika Universitas Syiah Kuala dan masyarakat umum yang berkepentingan. Beberapa layanan untuk mahasiswa antara lain: Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), Informasi Kartu Hasil Studi, Informasi kelas dan dosen, Informasi jadwal kuliah dan ujian, Pengisian Biodata Mahasiswa, informasi beasiswa. Disamping layanan untuk mahasiswa, Universitas Syiah Kuala juga telah mengembangkan teknologi informasi untuk layanan dosen, staf, penelitian, pengabdian dan teknologi informasi yang berhubungan dengan pihak luar atau stakeholder.